Panduan Komunitas Belajar (Kombel)

 

A. Pengertian Komunitas Belajar (Kombel)

Komunitas belajar adalah suatu perkumpulan di mana anggotanya memiliki tujuan belajar yang sama dan saling berinteraksi untuk mewujudkan tujuan belajar tersebut. Karena memiliki tujuan yang sama, maka setiap anggota ikut berpartisipasi dalam setiap proses belajar di dalamnya. Setiap individu dapat belajar lebih cepat dan memiliki sikap belajar yang baik dalam lingkungan yang partisipatif (Chapman, Ramondt, & Smiley, 2006).

Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik  ( Petunjuk Awal Kombel. Kemendikbu. 2022)

B. Tujuan Komunitas Belajar

Komunitas belajar dalam sekolah diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pendidik dan membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. ( Petunjuk Awal Kombel. Kemendikbu. 2022)

C. Alasan Pentinya KOmbel

Komunitas belajar dalam sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik. Pendidik belajar bersama (tidak terisolasi), pendidik bersepakat tentang standar umum seperti pembelajaran yang efektif, rubrik/indikator penilaian, pendidik bersepakat bahwa pendidikan semua peserta didik adalah tanggung jawab kolektif.

Dengan adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya. Proses belajar dalam komunitas yang terjadi secara berkelanjutan akan membentuk ekosistem dan budaya belajar yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

D. Tiga Aspek Ide Besar Komunitas Belajar

Komunitas Belajar menempatkan focusnya pada 3 (Tiga) Aspek Ide besar (Dufour, 2020), yaitu:

1. Memfokuskan pada pembelajaran murid/ peserta didik. Berkaitan dengan pembelajaran murid, ada beberapa pertanyaan yang mendasar:

a) Apa yang kita harapkan untuk murid peserta?

b) Bagaimana kita tahu bahwa saetiap murid telah belajar hal tersebut?

c) Bagaimaan respon kita jika ada murid yang tidak belajar?

d) Bagaimana kita akan memperkaya pembelajaran untuk murid yang sudah mahir?

2. Memfokuskan pada kolaborasi dan tanggung jawab secara kolektif. Pembelajaran akan lebih optimal jika Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dapat berkolabirasi dengan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) lainnya. Hal ini dapat menghadirkan suasana belajar bersama dan memiliki tanggung jawab bersama. Misalnya berkolaborasi dalam menganalisis model dan metode pembelajaran dan yang lainnya yang dianggap penting untuk menunjang pembelajaran.

3. Memfokuskan pada data hasil belajar murid/ peserta didik. Guru dan tenaga kependidikan perlu mengembangkan komunitas belajar sebagai sarana mendiskusikan hasil belajar peserta didik. Prosesnya dengan cara membandingkan hasil belajar peserta didik sebelumnya dengan kondisi sekarang.

Secara lengkap panduan kombel dapa di buka dilink beriku:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama